Kamis, 02 Februari 2012

Penemu Internet, Tim Berners-Lee.

sumber: http://www.evereterna.com/2012/01/wh...rners-lee.html

Spoiler for foto:

[imagetag]


Akhir-akhir ini ada berita besar tentang Sopa, PIPA, dan ACTA adalah bertentangan dengan semangat dari internet. Pertanyaannya adalah "Apakah semangat dari internet?". Untuk mendapatkan pegangan di atasnya, mungkin kita harus tahu tentang pendiri www yang biasa kita hampir sepanjang waktu di internet sekarang.

Namanya adalah Tim Berners-Lee. Berners Lee adalah seorang ilmuwan komputer Inggris yang menemukan World Wide Web.

Timotius John Berners Lee lahir pada tanggal 8 Juni 1955 dan dibesarkan di London. Ia belajar fisika di Universitas Oxford dan menjadi seorang insinyur perangkat lunak.

Pada tahun 1980, saat bekerja di CERN, Laboratorium Partikel Fisika Eropa di Jenewa, ia pertama kali menggambarkan konsep sistem global, berdasarkan pada konsep 'hypertext', yang akan memungkinkan para peneliti di mana saja untuk berbagi informasi. Ia juga membangun sebuah prototipe disebut 'Enquire'.

Pada tahun 1984, Berners Lee kembali ke CERN, yang juga rumah bagi sebuah node Internet utama Eropa. Pada tahun 1989, Berners Lee menerbitkan sebuah makalah yang disebut 'Manajemen Informasi: Sebuah Proposal' di mana ia menikah sampai hypertext dengan Internet, untuk menciptakan sebuah sistem untuk berbagi dan mendistribusikan informasi tidak hanya dalam perusahaan, tetapi global. Dia menamakannya World Wide Web.

Dia juga menciptakan browser web pertama dan editor. Website pertama di dunia, http://info.cern.ch, diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 1991. Ini menjelaskan konsep World Wide Web dan memberikan pengguna pengenalan untuk memulai dengan website mereka sendiri.

"Info.cern.ch adalah alamat pertama kalinya di dunia situs web dan web server, berjalan pada sebuah komputer NeXT di CERN. Alamat web pertama halaman itu http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject html,. yang berpusat pada informasi tentang proyek WWW. Pengunjung bisa belajar lebih banyak tentang hypertext, rincian teknis untuk menciptakan halaman web mereka sendiri, dan bahkan penjelasan tentang bagaimana untuk mencari Web untuk informasi Tidak ada screenshot dari halaman asli dan., dalam hal apapun, perubahan yang dilakukan setiap hari untuk informasi yang tersedia di halaman sebagai proyek WWW dikembangkan Anda mungkin menemukan salinan kemudian (1992) di situs World Wide Web Consortium.. " -CERN
Ini memberikan penjelasan tentang apa World Wide Web, dan bagaimana orang bisa menggunakan browser dan mendirikan web server.

Pada tahun 1994, Berners-Lee mendirikan W3C di MIT. Ini terdiri berbagai perusahaan yang bersedia untuk membuat standar dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas Web. Berners-Lee membuat idenya tersedia secara bebas, tanpa ada paten dan royalti. Konsorsium World Wide Web memutuskan bahwa standar yang harus didasarkan pada teknologi bebas royalti, sehingga mereka dengan mudah dapat diadopsi oleh siapa pun.

Pada tahun 2001, Berners-Lee menjadi pelindung Timur Dorset Heritage Trust, setelah sebelumnya tinggal di Colehill di Wimborne, Timur Dorset, Inggris.

Pada Desember 2004, ia menerima sebuah kursi di Ilmu Komputer di Sekolah Elektronik dan Ilmu Komputer, Universitas Southampton, Inggris, untuk bekerja pada proyek barunya, Semantic Web.

Sekarang Tim Berners-Lee bekerja dengan Pemerintah Inggris untuk membantu membuat data lebih terbuka dan dapat diakses di Web, bangunan pada pekerjaan Kekuatan Angkatan Informasi Tugas. Berners-Lee dan Profesor Nigel Shadbolt adalah dua tokoh kunci di balik data.gov.uk, Pemerintah Inggris membuka proyek untuk hampir semua data yang diperoleh untuk tujuan resmi gratis digunakan kembali. Mengomentari pembukaan data Ordnance Survey pada bulan April 2010 Berners-Lee mengatakan bahwa: "Perubahan sinyal perubahan budaya yang lebih luas dalam Pemerintah berdasarkan pada asumsi bahwa informasi harus dalam domain publik kecuali ada alasan untuk tidak-tidak sebaliknya. " Dia melanjutkan dengan mengatakan "keterbukaan yang lebih besar, akuntabilitas dan transparansi dalam Pemerintah akan memberikan orang pilihan yang lebih besar dan membuat lebih mudah bagi individu untuk mendapatkan lebih banyak terlibat langsung dalam isu-isu yang penting bagi mereka."

Pada bulan November 2009, Berners-Lee meluncurkan Yayasan World Wide Web untuk "Advance Web untuk memberdayakan manusia dengan meluncurkan program-program transformatif yang membangun kapasitas lokal untuk memanfaatkan Web sebagai media untuk perubahan positif."

Berners-Lee adalah salah satu suara pelopor dalam mendukung Netralitas Bersih, dan telah menyatakan pandangan bahwa ISP harus menyediakan "konektivitas dengan tanpa pamrih," dan tidak harus mengontrol atau memonitor aktivitas pelanggan 'browsing tanpa persetujuan mereka diungkapkan. Dia pendukung gagasan bahwa netralitas bersih adalah semacam hak jaringan manusia: "Ancaman ke Internet, seperti perusahaan atau pemerintah yang mencampuri atau mengintip pada lalu lintas Internet, kompromi hak-hak dasar jaringan manusia."

Dalam sebuah artikel Times, pada Oktober 2009, Berners-Lee mengakui bahwa garis miring ke depan ("//") dalam alamat web sebenarnya "tidak perlu". Dia mengatakan kepada surat kabar bahwa ia bisa dengan mudah dirancang URL tidak memiliki garis miring ke depan. "Ada kau pergi, tampaknya seperti ide yang baik pada waktu itu," katanya dalam permintaan maaf ringan nya.
Jadi, internet gratis diciptakan oleh Tim Berners-Lee dengan semangat berbagi satu sama lain. Itulah sebabnya RUU seperti sopa, PIPA, dan ACTA jelas bertentangan dengan semangat internet.

sumber: http://www.evereterna.com/2012/01/wh...rners-lee.html

Maap gan, gtranslate baru baca dan pingin share :D, klo ntar ada waktu ane translate yang lebih bagus lagi salam. :cendols:cendols

mitrasia 30 Jan, 2012

Sparks 30 Jan, 2012


-
Source: http://info-unikz.blogspot.com/2012/01/penemu-internet-tim-berners-lee.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Search